Sosialisasi Panduan Pelaksanaan PPL Kurikulum KKNI kepada Sekolah se Kabupaten Manokwari

Categories:

Pada hari Jumat, 4 Oktober 2019, Jam: 14.00 – 15.15 WIT, di Aula UPT Bahasa telah dilaksanakan kegiatan sosialisasi panduan PPL kepada seluruh sekolah lokasi PPL khususnya bagi mahasiswa angkatan 2016 atau yang mengikuti kurikulum KKNI SNPT Dikti. Pelaksanaan PPL pada kurikulum KKNI ini berbeda dengan pelaksanaan PPL sebelumnya sehingga perlu dilakukan sosialisasi terkait pelaksanaannya. Pelaksanaan PPL khususnya bagi angkatan 2016 ini lebih banyak melakukan kegiatan observasi sebelum pada akhirnya mereka latihan mengajar di kelas. Pada kurikulum KKNI, untuk mahasiswa sarjana atau S1 tingkat hierarkinya berada pada level 6 atau dalam pelaksanaan PPL nya masih bersifat observasi dan pengenalan kelas. Sedangkan pada level 7 atau saat mahasiswa melanjutkan program profesi guru maka pelaksanaan PPL lebih ditekankan pada latihan pengajaran di kelas secara langsung.

Kegiatan sosialisasi dihadiri oleh 12 sekolah yang ada di kabupaten Manokwari lokasi mahasiswa melaksanakan PPL. Kegiatan berlangsung dengan lancar dan terlihat antusiasme peserta dalam berdiskusi.

Tim penyusun panduan PPL KKNI Insar Damopolii, M.Pd. dan Purwati, M.Pd., menyampaikan tahapan-tahapan yang harus dilakukan bagi mahasiswa pada saat melaksanakan PPL. Harapannya semoga pelaksanaan PPL ini dapat berjalan dengan baik dan memberikan pengetahuan serta pengalaman berharga bagi mahasiswa dalam mengenal lapangan persekolahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.