Pada Hari Jumat, 7 Februari 2020 dilakukan pertemuan Penyusunan Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Fakultas dan Program Studi FKIP UNIPA.
Pertemuan diawali dengan penyampaian Draft dan Rancangan Awal Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran/Strategi Fakultas dan Program Studi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Diperoleh saran dan masukan dari berbagai unsur meliputi pemangku kepentingan (stakeholders), dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, alumni dan masyarakat. Adapun hasil akhir perumusan Visi, Misi sebagai berikut:
Visi
a. Fakultas
“Menjadikan FKIP UNIPA tahun 2024 sebagai penyelenggara Tridarma perguruan tinggi yang menghasilkan calon pendidik yang memiliki kemampuan IPTEKS, mandiri, bermartabat, berkarakter kewirausahaan dan konservasi”.
b. Program Studi Pendidikan Matematika
“Menghasilkan Calon Pendidik Unggul yang memiliki kemampuan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran Matematika yang berlandaskan IPTEKS, mandiri, bermartabat, berkarakter kewirausahaan, dan konservasi”.
c. Program Studi Pendidikan Fisika
“Menjadi Program Studi penyelenggara tri dharma perguruan tinggi bidang Pendidikan dan pembelajaran Fisika yang menghasilkan lulusan memiliki kemampuan IPTEKS, bermutu, kompetitif, berjiwa wirausaha dan konservasi alam”
d. Program Studi Pendidikan Kimia
“Program Studi Strata Satu Pendidikan Kimia FKIP UNIPA menghasilkan sarjana pendidikan kimia yang memenuhi kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan professional”.
e. Program Studi Pendidikan Biologi
“Menjadikan Program Studi Pendidikan Biologi tahun 2024 sebagai Penyelenggara Tridarma Perguruan Tinggi yang menghasilkan calon Pendidik Biologi unggul, mengusai IPTEKS, mandiri, bermartabat, Berkarakter kewirausahaan dan Konservasi”.
f. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia
“Program Studi Strata Satu Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP UNIPA sebagai penyelenggara Tridharma Perguruan Tinggi yang menghasilkan pendidik, yang memiliki kemampuan IPTEKS, berjiwa wirausaha, dan konservasi alam”.
g. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
“Menjadi program studi yang berdaya saing dalam menghasilkan tenaga pendidik Bahasa Inggris yang yang kompeten, kreatif, berjiwa wirausaha dan berkonservasi alam”.
Misi
a. Fakultas
- Menyelenggarakan Tridharma Perguruan Tinggi dalam bidang pendidikan untuk menghasilkan pemikir dan peneliti yang handal dan mampu memanfaatkan IPTEKS untuk menciptakan pasar kerja,
- Menjadikan FKIP UNIPA sebagai pusat kepakaran dalam memberikan pemikiran strategis untuk pembangunan daerah Papua dalam bidang pendidikan,
- Menciptakan paket teknologi tepat guna dalam bidang pendidikan yang berbasis potensi sumberdaya lokal dalam rangka peningkatan kualitas hidup masyarakat Papua,
- Mengembangkan kelembagaan dan manajemen yang berorientasi pada produktivitas, kualitas, efisiensi, relevansi dan profesionalisme yang mandiri, berintegritas, berdaya saing, dan mampu menciptakan pasar kerja.
b. Program Studi Pendidikan Matematika
- Menghasilkan lulusan yang profesional khususnya di bidang pendidikan matematika serta mampu mengembangkan dan menerapkan ilmunya di masyarakat sesuai tuntutan dunia kerja dan pembangunan daerah papua,
- Melaksanakan penelitian yang bermutu dalam bidang pendidikan matematika yang berbasis sumberdaya lokal dan pemanfaatan teknologi tepat guna dalam rangka peningkatan kualitas hidup terutama kualitas pendidikan masyarakat papua,
- Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat, baik dalam bentuk stimulus hingga pemanfaatan teknologi tepat guna berbasis sumberdaya lokal khususnya di bidang pendidikan matematika.
c. Program Studi Pendidikan Fisika
- Menyelenggarakan proses pembelajaran Fisika untuk menghasilkan sumber daya manusia dalam bidang pendidikan fisika yang memiliki kemampuan IPTEKS, bermutu, kompetitif, berjiwa wirausaha dan konservasi alam,
- Mengembangkan penelitian berbagai macam metode pembelajaran yang tepat dalam bidang pendidikan Fisika yang berbasis kearifan lokal dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat Papua,
- Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat guna memberikan pemikiran staregis untuk pembangunan daerah Papua dalam bidang pendidikan fisika.
d. Program Studi Pendidikan Kimia
- Menyelenggarakan pendidikan di bidang pekendidikan kimia yang memenuhi kompetensi pedagogik, kepribadian yang memenuhi kualitasnya secara berkelanjutan,
- Mengembangkan kependidikan kimia melalui penelitian dan pengabdian hasilnya kepada masyarakat,
- Menghasilkan barang dan jasa berbasis pendidikan kimia yang diperlukan masyarakat,
- Menjalin kerjasama dengan stakeholder untuk meningkatkan kualitas dan kinerja jurusan pendidikan kimia.
e. Program Studi Pendidikan Biologi
- Menyelenggarakan proses pembelajaran Biologi untuk menghasilkan sumber daya manusia dalam bidang pendidikan biologi yang berjiwa wirausaha dan konservasi alam,
- Mengembangkan penelitian dalam bidang pendidikan biologi sehingga mampu menghasilkan metode pembelajaran yang berbasis pada potensi sumberdaya lokal dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan masyarakat Papua,
- Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat guna memberikan pemikiran staregis untuk pembangunan daerah Papua dalam bidang pendidikan biologi.
f. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia
- Menyelenggarakan program pendidikan tinggi bidang pendidikan kebahasaan berdasarkan prinsip manajemen mutu terpadu,
- Menghasilkan tenaga pemikir dan peneliti yang handal dan mampu memutakhirkan IPTEKS dalam bidang pendidikan kebahasaan,
- Menjadikan pusat kepakaran dalam memberikan pemikiran strategis untuk pembangunan daerah Papua dalam bidang pendidikan kebahasaan,
- Mengembangkan kelembagaan dan manajemen yang berorientasi pada produktivitas, kualitas, efisiensi, relevansi, dan profesionalisme,
- Menciptakan paket teknologi tepat guna dalam bidang pendidikan kebahasaan berbasis potensi sumber daya lokal dalam rangka peningkatan kualitas hidup masyarakat Papua.
g. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
- Menyelenggarakan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris berdasarkan prinsip manajemen mutu terpadu, humanis, student-centered, berjiwa wirausaha, dan berkonservasi alam,
- Mengembangkan model pembelajaran Bahasa Inggris melalui kegiatan penelitian dan pengabdian dengan mengintegrasikan IPTEK dan kearifan lokal,
- Menghasilkan media pembelajaran Bahasa Inggris dengan mengintegrasikan sumber daya lokal dan global,
- Menjalin Kerjasama dengan alumni dan stakeholder untuk pengembangan kegiatan tridharma perguruan tinggi bidang Pendidikan Bahasa Inggris.