June 17, 2024

Para dosen di Program Studi Pendidikan Kimia tidak hanya terus memperbaiki kualitas dalam bidang pengajaran, tetapi juga aktif dalam peningkatan kualitas kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya prestasi yang diraih oleh para dosen dalam berbagai kompetisi dan skema pendanaan penelitian dan pengabdian.

Pada tahun 2024 ini, beberapa dosen pendidikan kimia berhasil lolos dalam Skema Penelitian dan Skema Pengabdian kepada Masyarakat yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek. Prestasi ini merupakan bukti nyata dari dedikasi tinggi para dosen dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pendidikan kimia, serta dalam membantu masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup mereka.

Berikut adalah beberapa contoh prestasi dosen dalam Skema Penelitian dan Skema Pengabdian kepada Masyarakat:

  • Dr. Achmad Rante Suparman, M.Pd. berhasil mendapatkan dana penelitian sebagai ketua untuk mengembangkan pendeteksi miskonsepsi bagi peserta didik. Selain itu, yang bersangkutan juga sekaligus mendapatkan dana hibah pengabdian sebagai ketua untuk melakukan pelatihan dan pengenalan teori tes modern dengan menggunakan R Studio bagi guru yang ada di Manokwari
  • Dr. Murtihapsari, M.Si. berhasil mendapatkan dana hibah penelitian sebagai anggota bekerjasama dengan Universitas Islam Indonesia untuk penelitian Eksplorasi senyawa berpotensi antiplasmodium dari spons Xestospongia sp. asal Papua.

Selain hibah dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang dilakukan secara nasional, juga terdapat hibah yang dilakukan kompetensi dalam lingkup Universitas Papua khusunya bagi dosen-dosen muda jenjang Asisten Ahli. Penerimaan proposal penelitian dosen asisten ahli  bertujuan mendorong kenaikan jabatan fungsional Dosen Asisten Ahli ke jenjang jabatan fungsional yang lebih tinggi dan menggali kemampuan meneliti dosen-dosen asisten ahli pada lingkup Universitas Papua. Pada tahun anggaran 2024 Universitas Papua menyediakan dana Skema Penelitian Dosen Asisten Ahli. Proposal penelitian diunggah secara online melalui aplikasi Sistem Informasi Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (SIPPM) Universitas Papua. Pendanaan  2024 ini  bertujuan mendukung percepatan kenaikan jabatan fungsional dosen (Tenaga Pengajar/Asisten Ahli) ke jenjang yang lebih tinggi di Universitas Papua.  Pada pendanaan hibah penelitian Asisten Ahli 2024, Dosen Jurusan Pendidikan Kimia berhasil menyabet 4 judul proposal dari 30 proposal, 3 diantaranya sebagai ketua peneliti dan 1 sebagai anggota peneliti, diantaranya:

  • Potensi SDA berbasis kearifan lokal Papua dalam pembuatan sabun anti bakteri, ketua peneliti Yunita Pare Rombe, S.Si., M.Si.;
  • Skrining fitokimia ekstrak etanol daun gatal (Laportea decumana) asal kabupaten Manokwari, ketua peneliti Putri Sarera Surbakti, S.Si., M.Sc.;
  • Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android berbantuan Smart Apps Creator pada materi struktur atom, ketua peneliti Faisal, S.Pd.,M.Pd.;
  • Profil kandungan kimia dan potensi senyawa aktif serta aktifitas biologi dan ektrak daun pepaya (Carica papaya L) asal manokwari, anggota peneliti Faisal, S.Pd.,M.Pd.

Prestasi-prestasi ini merupakan kebanggaan bagi Program Studi Pendidikan Kimia. Prodi pendidikan kimia berkomitmen untuk terus mendukung para dosen dalam mengembangkan potensinya dan memberikan kontribusi positif bagi kemajuan pendidikan kimia di Indonesia pada umunya dan Papua pada khususnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.